Jarang nonton TV bikin anak lebih berprestasi

Sudah banyak penelitian yang mengungkap efek buruk menonton televisi untuk anak. Kini sebuah penelitian terbaru kembali menunjukkan bahwa anak-anak mendapatkan lebih banyak manfaat jika mereka menjauhi televisi.

Penelitian menunjukkan bahwa anak yang jarang menonton televisi atau menggunakan komputer memiliki risiko obesitas yang lebih rendah, tidak mengalami masalah perilaku, dan memiliki nilai yang lebih baik untuk semua pelajaran di sekolah. Hal ini karena anak yang menonton televisi dengan didampingi orang tua biasanya memiliki tidur yang cukup dan ini berkaitan dengan prestasinya yang meningkat di sekolah.

Hasil tersebut ditemukan peneliti setelah melakukan pengamatan terhadap lebih dari 1.300 anak dari Iowa dan Minnesota. Penelitian ini menyarankan bagi para orang tua untuk mengurangi waktu menonton televisi, bermain game, atau menggunakan komputer pada anak mereka.

"Mengurangi nonton TV akan membuat anak tidur lebih lama, memiliki prestasi yang baik di sekolah, dan cenderung lebih tenang, tidak bersikap agresif," ungkap ketua peneliti Dr Douglas Gentile dari Iowa State University, seperti dilansir oleh Daily Mail (01/04).

Selain itu Gentile juga menjelaskan bahwa anak yang jarang menonton televisi memiliki risiko rendah terkena obesitas. Anak-anak tersebut terhindar dari paparan contoh perilaku yang buruk di televisi sehingga mereka tak menunjukkan sikap agresif atau bermasalah dalam hal perilaku.

Penelitian ini mendukung hasil dari penelitian lain yang menunjukkan bahwa terlalu banyak menonton televisi membuat anak rentan terkena obesitas. Penelitian lainnya di Australia juga menunjukkan bahwa menonton televisi terlalu lama meningkatkan kemungkinan pertengkaran antara anak dan orang tua serta memicu pertengkaran keluarga.

sip....